ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
LABUHANBATU
ABSTRAK
Herry Anton Sinaga. NPM. 12.011.00.052. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha terhadap Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. Dalam penelitian ini menggunakan faktor personal, faktor sosiological, faktor environmental, dan faktor academic. Metode analisis data menggunakan regresi berganda untuk menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan metode slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 95 responden.
Hasil penelitian ini adalah faktor personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, faktor sosiological tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, faktor environmental berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, faktor academic tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha.
Kata kunci : Faktor personal, faktor sosiological, faktor environmental, faktor academic dan minat berwirausaha.
A. PENDAHULUAN
Dengan semakin meningkatnya populasi manusia maka semakin banyak orang-orang yang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja di berbagai instansi, perusahaan ataupun bidang usaha lainya. Persaingan yang begitu ketat dan selektif di perusahaan membuat orang-orang termotivasi untuk sekolah sampai kejenjang yang lebih tinggi. Sayangnya, hal tersebut tidak menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bahkan banyak karyawan yang sudah bekerjapun di PHK. Banyak lulusan perguruan tinggi yang menganggur sehingga menambah beban bagi Pemerintah dan Negara.
Hal ini menimbulkan suatu tantangan baru dikalangan akademisi atupun calon sarjana di negeri ini. Demikian halnya dengan mahasiswa di STIE Labuhanbatu yang mana pada tahun akademik 2015/2016 memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 1911 orang. STIE Labuhanbatu sendiri telah meluluskan sebanyak 19 angkatan sarjana yang telah terjun didalam dunia kerja dan masyarakat. Sebahagianya telah bekerja di perusahaan-perusaan BUMN maupun swasta. Namun tidak sedikit juga lulusan sarjana tersebut sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan yang layak. Sehingga hal ini justru menambah beban tanggungjawab bagi pemerintah setempat untuk meresponi akan kebutuhan lapangan pekerjaan yang layak bagi masyarakatnya. Jumlah tenaga kerja lulusan perguruan tinggi setiap tahunya meningkat dengan signifikan, berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Namun lapangan pekerjaan seakan pasrah dengan kekakuanya yang berada pada titik stagnan bahkan cenderung menurun hal ini dipengaruhi juga dengan semakin canggihnya teknologi yang mampu menggantikan peran tenaga kerja untuk menyelesaikan berbagai bidang unit usaha seperti unit produksi di pabrikan dan unit pemasaran pada usaha jasa dimana perusahaan dewasa ini banyak memilih media online atau internet.
Dengan menumbuhkan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa, tentunya sangat bermanfaat guna mempersiapkan lulusanya mampu mandiri dan tidak memiliki ketergantungan sepenuhnya dengan cara mencari pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintah.
B. BATASAN DAN RUMUSAN MASALAH
1. Batasan MasalahBatasan masalah dalam penelitian ini adalah membahas persoalan-persoalan yang berhubungan dengan minat berwirausaha pada mahasiswa STIE Labuhanabatu. Yang meliputi faktor personal, faktor sociological, faktor environmental dan faktor academic.
2. Perumusan Masalah
1. Apakah personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha ?
2. Apakah sociologcal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha ?
3. Apakah environmental berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha ?
4. Apakah academical berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha ?
5. Apakah personal, sociological, environmental dan academic secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha ?
C. TUJUAN PENELITIAN
Dari rumusan masalah diatas maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :1. Menguji dan menganalisis pengaruh faktor personal terhadap minat berwirausaha
2. Menguji dan menganalisis pengaruh faktor sociological terhadap minat berwirausaha
3. Menguji dan menganalisis pengaruh faktor environmental terhadap minat berwirausaha
4. Menguji dan menganalisis pengaruh faktor academical terhadap minat berwirausaha
5. Menguji dan menganalisis pengaruh faktor personal, sociological, environmental dan academic secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha.
D. MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik diantaranya :
1. Bagi STIE Labuhanbatu
Dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan digunakan sebagai referensi untuk mengetahui kemajuan Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ), khususnya dikalangan mahasiswa STIE Labuhanbatu.
2. Bagi Penulis
Sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana ekonomi pada STIE Labuhanbatu.
3. Bagi Peneliti Lainya
Dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk peneitian berikutnya.
1. Bagi STIE Labuhanbatu
Dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan digunakan sebagai referensi untuk mengetahui kemajuan Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ), khususnya dikalangan mahasiswa STIE Labuhanbatu.
2. Bagi Penulis
Sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana ekonomi pada STIE Labuhanbatu.
3. Bagi Peneliti Lainya
Dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk peneitian berikutnya.
E. LANDASAN TEORI
Putra (2012) dalam penelitianya yang berjudul Faktor-faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen untuk Berwirausaha dengan menggunakan metode penelitian teknik analisis linier berganda menyimpulkan bahwa faktor lingkungan, harga diri, peluang, kepribadian, visi, pendapatan dan percaya diri berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa manajemen untuk berwirausaha.
Suharti (2012) dalam penelitianya berjudul Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan dengan metode penelitian analisis linier berganda menyimpulkan bahwa faktor sosiodemografi, sikap terbukti berpengaruh signifikan terhadap niat kewirausahaan, dan faktor kontekstual tidak terbukti signifikan terhadap niat kewirausahaan.
Hanum (2012) dalam penelitianya berjudul Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian analisis linier berganda menyimpulkan bahwa faktor latar belakang pendidikan dan pendidikan kewirausahaan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kewirausahaan, mata kuliah kewirausahaan, pengetahuan dan pelatihan, pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kewirausahaan.
F. METODE PENELITIAN
Obyek penelitian adalah mahasiswa/I STIE Labuhanbatu yang berjumlah 1911 orang (data terlampir). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan criteria atau syarat tertentu (Sugiyono, 2008). Variabel dalam penelitian ini adalah terdiri dari variabel bebas yakni faktor personal(X1), faktor sosiological(X2), faktor environmental(X3), dan faktor academic(X4) sedangkan variabel terikatnya ialah minat berwirausaha(Y). Metode pemgumpulan data antara lain dengan wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ialah regresi linier berganda.
G. HASIL PENELITIAN
1.1 ji Analisis Regresi Linier Berganda
Setelah melakukan pengujian dengan asumsi klasik, selanjutnya melakukan pengujian regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Pengujian ini untuk mengetahui variabel dependen secara parsial digunakan uji t. Jika nilai signifikansi 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan atau jika t tabel > dari t hitung Ho diterima (tidak ada pengaruh), namun jika t tabel < t hitung Ho ditolak (ada pengaruh). Hasil pengujian dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel
4.16
Uji
Analisis Regresi Linier Berganda
Coefficientsa
|
|||||||
Model
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
t
|
Sig.
|
|||
B
|
Std. Error
|
Beta
|
|||||
1
|
(Constant)
|
12.927
|
2.417
|
5.349
|
.000
|
||
Personal
|
.226
|
.101
|
.229
|
2.241
|
.027
|
||
Sosiological
|
.031
|
.113
|
.028
|
.275
|
.784
|
||
Environmental
|
.306
|
.106
|
.296
|
2.889
|
.005
|
||
Academic
|
.164
|
.150
|
.123
|
1.097
|
.276
|
||
a. Dependent Variable:
Minatberwirausaha
|
Berdasarkan tabel 4.15 dapat dijelaskan persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y = 12.927 + 0.226X 0.031Y
Hasil dari persamaan linier dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Nilai konstanta (a) = 12.927 artinya jika personal, sociological, environmental dan academic bernilai 0 maka minat berwirausaha sebesar 12.927.
2. Nilai koefisien regresi personal ( X1) = 0,226 lebih besar dari nilai alpa 0,05 artinya jika personal meningkat 1 satuan, sedangkan sociological, environmental, academic sama dengan nol atau tetap maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,226. Hal ini menunjukan (X1) berpengaruh positif terhadap Y.
3. Nilai koefisien regresi linier sociological () = 0,031lebih kecil dari nilai alpa 0,05 artinya jika sociological meningkat 1 satuan sedangkan koefisien X personal, environmental, dan academic sama dengan nol atau tetap maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,031. Hal ini menunjukan (X2) berpengaruh positif terhadap Y.
4. Nilai koefisien regresi environmental (X3) = 0,306 lebih besar dari nilai alpa 0,05 artinya jika environmental meningkat 1 satuan, sedangkan personal, sociological, academic sama dengan nol atau tetap maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,306. Hal ini menunjukan (X3) berpengaruh positif terhadap Y.
5. Nilai koefisien regresi academic (X4) = 0,164 lebih besar dari nilai alpa 0,05 artinya jika academic meningkat 1 satuan, sedangkan personal, sociological, environmental sama dengan nol atau tetap maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,164. Hal ini menunjukan (X4) berpengaruh positif terhadap Y.
H. PEMBAHASAN
Penelitian mengenai faktor personal, faktor sociological, faktor sociological, faktor environmental, dan faktor academic terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa STIE Labuhanbatu dapat dianalisis sebagai berikut :
1. Pengaruh faktor personal terhadap minat berwirausaha
Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa personal mampu berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan didapat hasil uji t sebesar 2,241 dengan sig 0,027. Sementara koefisien regresi menunjukan hasil positif dengan angka sebesar 0,226. Hasil tersebut memperlihatkan dengan adanya faktor personal akan menumbuhkan minat seseorang dalam berwirausaha.
2. Pengaruh faktor sociological terhadap minat berwirausaha
Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa sociological tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan didapat hasil uji t sebesar 0,275 dengan sig 0,784. Sementara koefisien regresi menunjukan angka sebesar 0,031. Hasil tersebut menunjukan bahwa faktor sociological tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
3. Pengaruh faktor environmental terhadap minat berwirausaha
Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa environmental mampu berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan didapat hasil uji t sebesar 2,889 dan sig 0,005. Sementara koefisien regresi menunjukan hasil positif dengan angka sebesar 0,306. Hasil tersebut memperlihatkan dengan adanya faktor environmental akan menumbuhkan minat seseorang dalam berwirausaha.
4. Pengaruh faktor academic terhadap minat berwirausaha
Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa academic tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan didapat hasil uji t sebesar 1,097 dan sig 0,276. Sementara koefisien regresi menunjukan hasil positif dengan angka sebesar 0,164. Hasil tersebut memperlihatkan adanya faktor academic tidak akan berpengaruh signifikan terhadap minat seseorang dalam berwirausaha.
I. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Faktor personal memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
2. Faktor sociological tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal ini menunjukan bahwa Mahasiswa STIE Labuhanbatu berasumsi bahwa hubungan family tidak ada keterkaitanya dalam menumbuhkan minat seseorang dalam berwirausaha mungkin disebabkan karena sedikit jumlah daripada orang tua atau keluarga yang bekerja dibidang wirausaha .
3. Faktor environmental memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
4. Faktor academic tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal ini menunjukan bahwa Mahasiswa STIE Labuhanbatu berasumsi pendidikan tidak ada keterkaitan dalam menumbuhkan minat seseorang dalam berwirausaha disebabkan kurangnya konsentrasi mata kuliah berkaitan dengan bidang wirausaha yang diterima serta minimnya pelatihan wirausaha dan workshop yang pernah diikuti.
5. Faktor personal, sociological, environmental, dan academic secara simultan atau bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
DAFTAR PUSTAKA
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung : AlfabetaFatihudin, Didin, “ Model Pengembangan dan Peningkatan Pendapatan Modal, Keterampilan, dan Perluasan Pasar di kemasan Krian Sidoarjo “ Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 3. No. 3 November 2009.
Badan Pusat Statistik, 2015. Badan Resmi Statistik 2015, Jakarta.
Handoko, Hani. (2003). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi 2), Yogyakarta : BPFE
Joko Widodo. 2013. “ Jokowi : Saya Dulu Enggak Punya Apa-apa.”
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Menteri Koperasi dan UMKM, Syarifuddin Hasan. 2013. “ Wirausahawan Adalah Pahlawan Ekonomi Bangsa “ http://.antarsumber.com.html, di akses 18 maret 2016
Kuratko & Hoodgets.(2007a). Dalam Heru Kristanto. (2009). Kewirausahaan (entrepreneurship) Pendekatan Manajemen dan Praktik. Yogyakarta : Graha II
Suryana Yuyus 7 Kartib Bayu. 2010. Kewirausahan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.
Ghozalil, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Ibm Spss20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Ed, Revisi 11. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
http://sulung-panji.blogspot.com/2010/10/makalah-bisnis-menciptakan-lapangan.html
http://www.pengertian ahli.com/2014/04/pengertian-minat-apa-itu-minat.html
0 Komentar